Friday, March 29, 2019

Apakah Adik Kandung Bisa Jadi Wali Nikah

Pak Ustadz, saya mau menanyakan tentang hukum ayah kandung yang menjadi wali nikah bagi anak perempuannya. Apakah hukumnya wajib atau bisa digantikan oleh orang lain? Hal ini saya tanyakan karena saya akan melangsungkan pernikahan dalam waktu dekat. Kebetulan orangtua saya telah bercerai sejak saya balita., 13/10/2011  · Ayah tiri tidak bisa menjadi wali . Wajib memperhatikan urutan perwalian dalam nikah Wali wanita yang berhak untuk menikahkan seseorang adalah wali yang paling dekat, sebagaimana urutan yang disebutkan di atas. Tidak boleh mendahulukan wali yang jauh, sementara wali yang dekat masih ada ketika akad nikah ., 11/11/2011  · Saya juga tidak punya saudara laki-laki kandung . Adat di kampung saya mengatakan bahwa sepupu saya yang dari pihak ayah bisa menjadi wali . Tetapi, ada juga yang bilang bahwa sepupu ayah saya juga bisa menjadi wali . Jadi , pilihannya ada dua: sepupu ayah yang laki-laki dari garis keturunan laki-laki, atau sepupu saya yang laki-laki garis ayah saya., 05/02/2012  · Jawaban Terbaik: nikah siri itu syah secara agama tapi tidak syah secara negara. syarat syah nya nikah secara agama harus memenuhi rukun nikah secara agama tsb. Yg boleh menjadi wali nikah : Ayah. Klo ayahnya sudah meninggal bisa diganti oleh kakak laki-laki, adik laki-laki, kakak/ adik dari pihak ayah, kakek dari pihak ayah., Saya membaca penjelasan Pak Ustadz tentang ayah kandung yang wajib menjadi wali nikah tanpa bisa ditawar-tawar lagi selama ayah kandung masih hidup dan beragama Islam. Bagaimana dengan isteri saya yang dari umur 2,5 thn tidak pernah mendapatkan kasih sayang baik jasmani maupun rohani dari ayah kandungnya karena bercerai dengan ibu kandungnya?, tapi ayah kandung saya tidak siap menjadi wali nikah saya, ibu saya pun menjelaskan alasanya kenapa ayah saya sama sekali tidak pernah menjalankan perintah Allah tidak pernah shalat kecuali shalat idul fitri dan idul adha tidak pernah puasa tidak bisa membaca Al-quran. kata ibu saya, biar adik kandung laki2 saya saja yang menjadi wali nikahnya, 30/07/2012  · menurut hukum agama harus menunggu bayi nya lahir atau bisa juga nikah dulu terus pisah rumah alias talak 1,dan setelah bayi nya lahir baru menikah lagi. itu agar tidak berzinah selamanya. dan yang menjadi wali harus ayah kandung dan saudara laki2 kandung . atau bisa juga kakak laki-laki dari ayah. tapi kalau ayah masih ada itu wajib harus ayah kandung yang menjadi wali ., Wali Nikah Saudara Seibu, Bolehkah? Seorang perempuan berusia 22 tahun telah dinikahkan dengan seorang lelaki usia 40 tahun, yang menjadi wali nikah dari perempuan tersebut adalah adik laki-lakinya seibu (dari ibu yang sama, tapi tidak satu ayah). Usia adiknya baru 15 tahun saat menjadi wali nikah untuk kakak perempuannya itu., 30/11/2009  · 1. sy menikah dgn wali bpk biologis sy, karena sy tdk tau bhwa sy anak di luar nikah , , apakah nikah saya sah? 2. jika tidak sah, apakah sy harus mengulangi akad saya? 3. saat ini sy hamil 5 bulan, , apakah sy harus menunggu sampai melahirkan dulu, baru bisa nikah ulang?, 16/11/2013  · Kisah Sesat Nikah Mut’ah Dengan Adik Sendiri Di Hotel. Ini adalah kisah nyata seorang penganut Syiah di Indonesia yang sangat benci ketika ada orang yang melecehkan Syiah.. Namun ternyata, setelah beberapa bulan berikutnya dia berbalik, yang tadinya benci ketika ada orang yang melecehkan Syiah, sekarang amat benci dengan Syiah. Ditanyakan kenapa bisa sampai seperti itu.

No comments:

Post a Comment